PROFILE STMIK POTENSI UTAMA

kampus-pu editSekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer “STMIK Potensi Utama” merupakan salah satu institusi pendidikan swasta dibawah naungan Yayasan Potensi Utama yang berdiri pada tahun 2003 berdasarkan izin Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) dengan SK No. 103/D/O/2003 dan perpanjangan izin No.1893/D/T/K-I/2009 untuk Program Studi Sistem Informasi (SI), No.15091/D/T/K-I/2013 untuk Program Studi Teknik Informatika (TI) dan No.5724/D/T/K-I/2011 untuk Program Studi Manajemen Informatika dengan motto “Kami hadir untuk mencerdaskan kehidupan bangsa”. Dari mulai berdiri STMIK Potensi Utama sudah membuka 3 (tiga) Program Studi yaitu Program Studi Teknik Informatika dengan jenjang pendidikan S1 Nomor Akreditasi 032/BAN-PT/Ak-XI/S1/XII/2008, Program Studi Sistem Informasi Nomor Akreditasi 033/BAN-PT/Ak-XI/S1/XII/2008 dengan jenjang pendidikan S1 dan Manajemen Informatika Nomor Akreditasi 021/BAN-PT/Ak-IX/Dpl-III/IX/2009 dengan jenjang pendidikan D3. Program studi Sistem Informasi dan Manajemen Informatika mendapat nilai akreditasi dengan peringkat B dan Program Studi Teknik Informatika mendapat nilai akreditasi dengan peringkat C.

Jumlah mahasiswa keseluruhan 2114 orang yang tersebar pada 3 (tiga) program studi yaitu 467 orang program studi Manajemen Informatika, 850 orang program studi Sistem Informasi dan 797 orang program studi Teknik Informatika. Semua mahasiswa diasuh dan dibimbing oleh 107 orang dosen tetap dan tidak tetap (luar biasa) yang berkompeten dibidangnya dengan jenjang pendidikan Guru Besar (Profesor), S3, S2 dan S1. Penyelenggaraan pendidikan sudah melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu pelaksanaan proses belajar mengajar, melaksanakan penelitian dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Dalam melaksanakan proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat maupun penyelanggaraan manajemen disesuaikan dengan peraturan-peraturan yang berlaku serta diselaraskan dengan visi, misi dan tujuan STMIK Potensi Utama.

Untuk Membantu para dosen dan mahasiswa dalam menginformasikan/mempublikasikan hasil CSRID-ITJOURNAL-INFOSYSpenelitian dan kajian ilmiah kepada berbagai komunitas ilmiah di seluruh Indonesia maka pada tahun 2009 STMIK Potensi Utama sudah memiliki CSRID (Computer Science Research and Its Development) Journal dan sudah mendapat ISSN dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Pada bulan April 2012 untuk program studi Sistem Informasi sudah menerbitkan InfoSys Journal dan sudah mendapat ISSN dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Pada bulan April 2012 untuk program studi Teknik Informatika sudah menerbitkan IT Journal dan sudah mendapat ISSN dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Dengan komitmen dari manajemen Perguruan Tinggi yang didukung oleh seluruh civitas akademika maka STMIK Potensi Utama sudah mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu dan sudah mendapat sertifikasi ISO 9001:2008 oleh TUV Rheiland – Indonesia tanggal 10 Februari 2009. STMIK Potensi Utama juga bekerjasama dengan Bina Nusantara (Binus) University Jakarta, Universiti Malaysia Perlis (UniMAP), Universiti Kebanggaan Malaysia (UKM) Selangor, Malaysia dan Universiti Industri Selangor (UNISEL) Selangor Darul Ehsan, Malaysia.

Untuk meningkatkan kualitas Proses Belajar Mengajar (PBM) pihak manajemen/penyelenggara telah menyediakan dan meningkatkan kualitas serta kuantitas sarana dan prasarana untuk perkuliahan teori dan praktikum yang dilengkapi dengan perpustakaan, LCD proyektor, peralatan praktikum komputer pentium IV dan core I3 dengan monitor LCD, kemudahan akses internet dengan Wifi dan Hotspot serta PC Online. Meningkatkan ilmu pengetahuan dosen, pegawai melalui pelatihan-pelatihan dan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Dosen yang sedang melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 sebanyak 44 orang.

Prasarana gedung terdiri dari ruang kuliah, laboratorium, Unsur Pimpinan, Yayasan, Administrasi, Perpustakaan, Dosen, LPPM, SDM, mushola, toilet dan lain-lain, Lapangan olah raga terdiri dari futsal, walk climbing dan areal parkir. Semua prasarana ini dapat diakses dengan mudah oleh ketiga program studi yaitu Program Studi Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Manajemen Informatika untuk menyelanggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat .

Beberapa Kegiatan yang telah diselenggarakan di STMIK Potensi Utama , yaitu :

  1. STMIK Potensi Utama bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) ke-7 pada tanggal 25 – 26 Februari 2011 di STMIK Potensi Utama. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) merupakan forum yang mempertemukan akademisi, praktisi, pengambil kebijakan serta pengguna system informasi/teknologi informasi dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesiayang diselengarakan setiap tahunnya.
  2. Pada tanggal 14-15 Oktober 2011 STMIK Potensi Utama mengadakan Seminar Nasional Informatika (SNIf). Seminar Nasional Informatika merupakan salah satu agenda kegiatan rutin tahunan STMIK Potensi Utama sebagai forum yang mempertemukan akademisi, peneliti, praktisi dan mengambil kebijakan dibidang informatika guna penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi terkini.
  3. STMIK Potensi Utama diberi kepercayaan oleh Dikti sebagai penyelenggara Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Regional I Sumatera Pada tanggal 4 s.d 6 Mei 2012.
  4. STMIK Potensi Utama diberi kepercayaan oleh APTIKOM Pusat penyelanggara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) APTIKOM pada Tanggal 18 s.d 20 Oktober 2012

Prestasi – Prestasi yang telah di peroleh STMIK Potensi Utama pada tahun 2010 s.d 2012 yaitu :

  1. Pada tanggal 30 April – 1 Mei 2010 Club Robotik STMIK Potensi Utama memperoleh juara 1 Kontes Robot Tingkat Regional 1 se-Sumatera 2010 yang diselenggarakan di GOR Depati Bahrein, Pangkal Pinang – Bangka Belitung.
  2. Pada akhir bulan Juni 2010 Mahasiswa STMIK Potensi Utama meraih juara “The Best Design” dalam Kompetisi Roket Indonesia yang di gelar oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), bekerjasama dengan Ditjen Dikti di Pantai Pandasimo, srandakan, Bantul – Yogyakarta.
  3. Pada tanggal 4 s.d 6 Mei 2012, STMIK Potensi Utama meraih juara 2 untuk Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) pada Kontes yang diselenggarakan di Auditorium STMIK Potensi Utama Sumatera Utara – Medan.
  4. Pada tanggal 27 dan 28 Oktober 2012, STMIK Potensi Utama meraih juara 1 dan juara 2 untuk Kontes Robot Dies Natalis tahun 2012 yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Medan.
  5. Pada tanggal 2 s.d 18 Nopember 2012, STMIK Potensi Utama meraih juara 1, juara 2 dan juara 3 untuk Andalas Kids Fair Robot Kontes 2012 yang diselenggarakan di Pekan Raya Sumatera Utara.
  6. Pada tanggal 18-19 April 2013, STMIK Potensi Utama meraih juara2 untuk Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI) pada Kontes Robot Tingkat Regional 1 di Bandar Lampung.